Minggu, 16 Oktober 2011

Bab I - Planet Kita Yang Serba Digital



• Kini komputer tidak lagi menjadi suatu kemewahan melainkan suatu komoditas.

• Komputer dan aplikasi-aplikasinya terlibat dalam semua aspek kehidupan kita sehari-
   hari.

• Semua perangkat komputer yang berfungsi menerima informasi disebut input.

• Semua perangkat komputer yang berfungsi memberikan informasi disebut ouput.



• Fleksibilitas komputer dibangun di atas 2 komponen, yaitu:   
   Hardware: Bagian fisik.   
   Software:  Instruksi yang memberitahu perangkat keras bagaimana untuk mengubah
                    data input(informasi dalam bentuk dapat membaca) ke dalam output
                    yang diperlukan.

• Perkembangan perangkat dalam komputer:
     - Tabung hampa udara digunakan pada komputer-komputer awal.
     - Transistor menggantikan tabung hampa udara mulai tahun 1956.
     - Pada pertengahan 1960 transistor digantikan dengan sirkuit gabungan.

   Sirkuit gabungan memberikan keuntungan: 
      Ø  Dapat lebih dipercaya
      Ø  Ukuran lebih kecil
      Ø  Lebih cepat
      Ø  Lebih efisien
      Ø  Sedikit biaya
   Pada tahun 1971, mikroprosessor pertama diciptakan oleh para insinyur Intel.
   Perusahaan komputer pribadi mulai dari tahun 1970:
      Ø Apple
      Ø Commodore
      Ø Tandy

• Jenis-Jenis Komputer:

1. Embedded Computers

    Komputer yang mempunyai tujuan khusus (didedikasikan untuk melakukan tugas

    yang spesifik), seperti:
       Ø Mengontrol temperatur dan kelembaban udara
       Ø Memonitor detak jantung
       Ø Memonitor sistem keamanan rumah
     Program yang dilapisi silikon sehingga tidak mudah rusak. Ini disebut firmware.


2. Personal Computer (PC)

    PC melayani satu pemakai pada suatu waktu.

    Aplikasi umum meliputi:
  Ø Pengolahan kata
  Ø Akunting
      Ø Game
      Ø Memutar musik dan video

3. Workstations
    Komputer desktop high-end dengan daya komputasi besar digunakan untuk aplikasi
    interaktif kelas tinggi.

4. Portable Computers
    Mesin yang tidak terikat pada desktop, yaitu:     
        Ø Game  Notebooks (laptop)
        Ø Game  Handheld computers (PDAs)


5. Servers
    Komputer yang didesain untuk menyediakan software dan sumber lain ke komputer
    lain melaui jaringan.

6. Mainframe
        Ø Digunakan oleh Organisasi besar
        Ø Berkomunikasi dengan mainframe melalui terminal.
        Ø Komunikasi berganda pada saat bersamaan melalui proses timesharing

7. Supercomputers
   Komputer paling kuat, cepat dan tercanggih.


• Dampak adanya internet di berbagai aspek kehidupan, yaitu:
    Ø  Ancaman terhadap privasi karena besarnya database dan jaringan
    Ø  Resiko terhadap kejahatan berteknologi tinggi
    Ø  Kesulitan menjaga properti intelektual di era digital
    Ø  Penggunaan informasi sebagai alat politik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar