• Kini komputer tidak lagi menjadi suatu kemewahan melainkan suatu komoditas.
• Komputer dan aplikasi-aplikasinya terlibat dalam semua aspek kehidupan kita sehari-
hari.
• Semua perangkat komputer yang berfungsi menerima informasi disebut input.
• Semua perangkat komputer yang berfungsi memberikan informasi disebut ouput.
• Fleksibilitas komputer dibangun di atas 2 komponen, yaitu:
Hardware: Bagian fisik.
Software: Instruksi yang memberitahu perangkat keras bagaimana untuk mengubah
data input(informasi dalam bentuk dapat membaca) ke dalam output
yang diperlukan.
yang diperlukan.
• Perkembangan perangkat dalam komputer:
- Tabung hampa udara digunakan pada komputer-komputer awal.
- Transistor menggantikan tabung hampa udara mulai tahun 1956.
- Pada pertengahan 1960 transistor digantikan dengan sirkuit gabungan.
- Tabung hampa udara digunakan pada komputer-komputer awal.
- Transistor menggantikan tabung hampa udara mulai tahun 1956.
- Pada pertengahan 1960 transistor digantikan dengan sirkuit gabungan.
Sirkuit gabungan memberikan keuntungan:
Ø Dapat lebih dipercaya
Ø Ukuran lebih kecil
Ø Lebih cepat
Ø Lebih efisien
Ø Sedikit biaya
Pada tahun 1971, mikroprosessor pertama diciptakan oleh para insinyur Intel.
Perusahaan komputer pribadi mulai dari tahun 1970:
Ø Apple
Ø Commodore
Ø Tandy
Ø Dapat lebih dipercaya
Ø Ukuran lebih kecil
Ø Lebih cepat
Ø Lebih efisien
Ø Sedikit biaya
Pada tahun 1971, mikroprosessor pertama diciptakan oleh para insinyur Intel.
Perusahaan komputer pribadi mulai dari tahun 1970:
Ø Apple
Ø Commodore
Ø Tandy
1. Embedded Computers
Komputer yang mempunyai tujuan khusus
(didedikasikan untuk melakukan tugas
yang spesifik), seperti:
Ø Mengontrol temperatur dan kelembaban udara
Ø Memonitor detak jantung
Ø Memonitor sistem keamanan rumah
Program yang dilapisi silikon sehingga tidak mudah rusak. Ini disebut firmware.
Ø Mengontrol temperatur dan kelembaban udara
Ø Memonitor detak jantung
Ø Memonitor sistem keamanan rumah
Program yang dilapisi silikon sehingga tidak mudah rusak. Ini disebut firmware.
2. Personal Computer (PC)
PC melayani satu pemakai pada suatu waktu.
Aplikasi umum meliputi:
Ø Pengolahan kata
Ø Akunting
Ø Game
Ø Pengolahan kata
Ø Akunting
Ø Game
Ø Memutar musik dan video
3. Workstations
Komputer desktop high-end dengan
daya komputasi besar digunakan untuk aplikasi
interaktif kelas tinggi.
4. Portable Computers
Mesin yang tidak terikat pada desktop, yaitu:
Ø Game Notebooks (laptop)
Ø Game Handheld computers (PDAs)
5. Servers
5. Servers
Komputer yang didesain untuk menyediakan software dan sumber lain ke
komputer
lain melaui jaringan.
6. Mainframe
Ø Digunakan oleh Organisasi besar
Ø Berkomunikasi dengan mainframe melalui terminal.
Ø Komunikasi berganda pada saat bersamaan melalui proses timesharing
Ø Digunakan oleh Organisasi besar
Ø Berkomunikasi dengan mainframe melalui terminal.
Ø Komunikasi berganda pada saat bersamaan melalui proses timesharing
7. Supercomputers
Komputer paling kuat, cepat dan tercanggih.
• Dampak adanya internet di berbagai aspek kehidupan, yaitu:
• Dampak adanya internet di berbagai aspek kehidupan, yaitu:
Ø Ancaman terhadap privasi karena besarnya database dan jaringan
Ø Resiko terhadap kejahatan berteknologi tinggi
Ø Kesulitan menjaga properti intelektual di era digital
Tidak ada komentar:
Posting Komentar